Join our Community

TIPS AGAR ANAK BETAH DIRUMAH


Sebagai ORANG TUA YANG BAIK maka sudah menjadi kewajiban menjaga dan mendidik anak. Banyak cara sebagai bentuk perhatian dan  RASA TANGGUNG   JAWAB yang Orang Tua lakukan untuk anaknya misalnya dengan memberikan keamanan bagi hidupnya, pendidikan yang baik, rasa nyaman, perhatian dan kasih sayang.

Hidup dalam globalisasi modern seperti jaman sekarang, banyak sekali masalah yang dihadapi olah para orang tua. Mulai dari tempat dan cara bergaul anak sampai kebutuhan terkecil seorang anak. Para orang tua dituntut kerja ekstra untuk menjaga dan membentuk pribadi anak. Biasanya anak pada usia pertumbuhan cenderung lebih betah berada di luar rumah. Banyak alasan yang diungkapkan anak apabila ditanya mengapa lebih betah berada di luar rumahnya. Untuk itu maka para orang tua harus lebih cerdik dan jeli tips agar anak betah dirumah. Berikut beberapa cara yang perlu dilakukan.

CIPTAKAN KEHARMONISAN KELUARGA.
Adanya keharmonisan dalam sebuah keluarga sangat berpengaruh pada perkembangan mental anak. Apabila keadaan keluarga yang harmonis dan saling memperhatikan, anak akan merasa nyaman dan merasa berarti. Dengan demikian anak akan merasa betah berada dalam rumah dan lebih menghargai orang tua dan saudaranya.

TATA RUMAH ANDA SUPAYA NYAMAN.
Menata rumah dengan mewah belum tentu menimbulkan rasa nyaman. Terkadang ada anak yang merasa dirumah seperti ada dalam toko furniture, rumah yang ditata dengan berbagai barang dan
Fasilitas yang membuat nyaman lebih baik dan tidak harus mewah. Atur posisi yang sangat disukai anak dan membuat anak nyaman berada di rumahnya.

JADILAH ORANG TUA YANG AKTIF
Orang tua tentu bukan hanya sekedar pemilik sebuah keluarga. Akan tetapi peran orang tua sangat penting. Cobalah menjadi dekat dengan anak, pahami perkembangan anak dari waktu kewaktu dan sesuaikan kebutuhan anak dengan usianya. Jangan perlakukan anak seperti boneka yang harus menuruti kemauan orang tua, akan tetapi aktiflah dalam mengikuti perkembangan keinginan anak dan berikan penjelasan mengenai baik dan buruknya KEPUTUSAN dan KEINGINAN anak.

JADILAH SAHABAT DAN TEMAN YANG BAIK BAGI DIA.
 
ORANG TUA YANG BAIK bukan orang tua yang memberikan uang berlebih atau Fasilitas yang ekstrim. ORANG TUA YANG BAIK adalah orang tua yang mau berbagi apapun dengan anak. Jadilah seorang Sahabat apabila anak sedang ingin bercerita, jadilah TEMAN  pada saat anak KESEPIAN dan jadilah orang pertama ketika anak membutuhkan nasihat.

JANGAN OTORITER.
Terkadang para Orang Tua lupa kalau anak juga memiliki pola pikir yang sama rumitnya dengan orang tua. Anak akan terus mencoba berbagai hal agar dia mengenali pribadinya, demikian juga orang tua mencoba berbagai hal untuk membentuk
 PRIBADI  anaknya. Hal semacam ini yang sering menimbulkan masalah. Perbedaan pola pikir antara orang tua dan anak mengakibatkan anak merasa diatur dan tertekan. Para Orang Tua sebaiknya tidak bersifat DIKTATOR dan OTORITER dalam menyampaikan keinginan dan harapanya. Ajak anak mengobrol atau melakukan hobinya bersama-sama sehingga anak merasa ENJOY menerima semua kata-kata orang tuanya.

BERIKAN KAMAR PRIBADI.
Berdasarkan pengalaman menjadi orang tua, sungguh sangat lucu ketika melihat anak mulai menempelkan berbagai gambar atau tulisan di dinding. Bukan suatu hal yang buruk justru ini wajar dan sangat normal bagi seorang anak. Setiap anak mempunyai
DAYA HAYAL dan IMPIAN  yang berbeda-beda. Maka ada baiknya berikanlah anak  KAMAR SENDIRI  sebagai tempat dia mencurahkan isi hatinya. Biarkan sang anak menata kamarnya sendiri sehingga dia akan merasa betah dan memiliki rumah kedua dalam hidupnya.

JADILAH IBU SIAGA.
Hal ini  yang sangat penting, sebagian besar anak lebih dekat dengan ibunya dari pada dengan ayah mereka. Kehadiran dan peran aktif ibu sangat diperlukan oleh seorang anak. Maka ini adalah peran khusus bagi para ibu untuk terus ada kapanpun anak memerlukan. Untuk para ibu yang sekaligus wanita karier hal ini sangat menyita pikiran. Karena tugas ibu tidak dapat digantikan dengan tugas seorang BABBY SISTER  jadi alangkah baiknya seorang ibu tetap berada dalam rumah dan bisa anak temui kapan saja yang mereka mau.


Demikian beberapa
TIPS AGAR ANAK BETAH DIRUMAH. Jadikan ''HOME SWEET HOME'' dan jadilah orang tua yang baik dan nyaman bagi anak.                                                                                                           ngedrinks.blogspot.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Featured Posts

Featured Posts

Featured Posts